Kecamatan Doko, Kab. Blitar

doko

Kecamatan Doko merupakan salah satu daerah di wilayah Kabupaten Blitar yang berada di timur laut Ibu Kota Kabupaten Blitar– Kanigoro dengan jarak 27.8 Km. Adapun batas – batas wilayah adalah sebagai berikut :

  • Utara : Kabupaten Malang
  • Selatan : Kesamben dan Selopuro
  • Timur : Kesamben dan Selorejo
  • Barat : Wlingi.

Luas wilayah Kecamatan Doko adalah 70,95 km2, termasuk daerah surplus karena tanahnya yang subur, dikarenakan abu vulkanik gunung berapi sehingga banyak tanaman yang tumbuh dengan baik.

Kecamatan Doko terdiri dari 10 Desa, yaitu:

  1. Slorok
  2. Genengan
  3. Doko
  4. Jambepawon
  5. Sidorejo
  6. Plumbangan
  7. Sumber Urip
  8. Kalimanis
  9. Resapombo
  10. Suru

 

Pariwisata

Candi Plumbangan

Candi Plumbangan terletak di Desa Plumbangan, Kec. Doko, Kab. Blitar. Candi Plumbangan merupakan gapura bergaya paduraksa yang tersusun dari batu andesit. Gapura ini menghadap ke barat dan memiliki atap berbentuk kubus. Kronogram terkait bangunan Candi Plumbangan terpahat pada ambang pintu gapura. Kronogram tersebut menunjukkan tarik 1312 Saka atau 1390 Masehi yang merupakan era Kerajaan Majapahit. Selain bangunan gapura, dijumpai pula tinggalan lepas berupa batu candi, prasasti Panumbangan, dan yoni.

Air Terjun Tudo Sewu

Air Terjun Tudo Sewu terletak jauh di dalam hutan Salamrejo, Desa Resapombo, Kec. Doko, Kab. Blitar. Vegetasi hutannya sangat rapat sehingga diperlukan kecermatan untuk menemukan rute yang tepat. Air Terjun Tundo Sewu menyuguhkan pemandangan yang memukau. Hal tersebut semakin disemarakkan oleh suasana lingkungan di sekitarnya yang masih alami. Tundo Sewu sebenarnya merupakan komplek yang terdiri dari beberapa air terjun.

 

Tinggalkan komentar